Wednesday, April 25, 2012

Pengenalan Java I


Diciptakan pada tahun 1991 oleh James Gosling et al. dari Sun Microsystems, pada awalnya disebut dengan Oak, diambil dari nama pohon diluar jendela Gosling. Namanya berubah menjadi Java karena sudah ada bahasa lain yang bernama Oak.
Sebagai bahasa pemrograman, selain dapat digunakan untuk menciptakan berbagai macam aplikasi, Java juga dpat digunakan sebagai bahasa pemrograman biasa. Aplikasi Java merupakan program khusus yang dapat berjalan pada mesin apapun, yang telah memiliki Java Runtime Environment (JRE).
Ada 2 deployment environment yang utama :
1. JRE didapat dari Java 2 Software Development Kit (SDK), yang di dalamnya terdapat kumpulan lengkap file class dari semua package Teknologi Java, termasuk class bahasa basic, class komponen GUI dan lain-lain.
2. Yang utama pada deployment environment lainnya adalah pada web browser. Sebagian besar browser komersial menyediakan penerjemah / interpreter untuk Teknologi Java dan runtime environment.
Beberapa fitur java:
1. Java Virtual Machine (JVM)
• Mesin virtual yang diimplementasikan oleh software sehingga menyamai mesin yang sebenarnya.
– Menyediakan spesifikasi platform perangkat keras yang dapat meng-compile semua program Java
• Bytecode
– Bahasa mesin khusus yang dimengerti oleh Java Virtual Machine (JVM)
– bebas dari kekhususan berbagai jenis perangkat keras komputer, jadi komputer dengan Java interpreter dapat mengeksekusi program java yang sudah ter-compile, tidak peduli jenis komputer yang sama dengan komputer yang telah meng-compile program tersebut.
2. Garbage Collection
– Bertanggung jawab untuk mengosongkan memori. Pengosongan memori terjadi otomatis selama masa aktif dari program java.
– Programmer dibebaskan dari beban untuk mengalokasikan kembali memori itu sendiri.
3. Code Security
• Code security disampaikan di Java melalui implementasi dari Java Runtime Environment (JRE).
o JRE
Menjalankan kode yang telah ter-compile pada JVM dan menampilkan class loading (melalui class loader), memverifikasi kode (melalui bytecode verifier) dan yang terakhir adalah mengeksekusi kode
Secara Garis besar java sama dengan bahasa pemograman lainnya, tetapi walupun begitu java memiliki pembeda yang sekaligus menjadi kelebihan dari peogram ini, yaitu java merupakan bahasa multi platfrom, dengan peyimpanan yang menggunakan extensi java, sehingga sete;lah dalam proses ini pragram java dapat diconvert/ dijalankan dalam platfrom yang diinginkan selama platfrom tersebut mendukung java.

0 comments:

Post a Comment